Warning: Use of undefined constant ‘the_views’ - assumed '‘the_views’' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /www/wwwroot/bizguru.me/wp-content/themes/sahifa/single.php on line 39

Dana Darurat, Apa dan Berapa Kebutuhannya

BizGuru.me – Pada kesempatan kali ini BizGuru merangkum sebuah kultwit mengenai Dana Darurat. Masih banyak sekali masyarakat yang belum tahu akan pentingnya dana darurat. Mari kita simak bersama-sama kultwit berikut ini

Apa itu Dana Darurat?

Dana darurat adalah suatu dana yg telah dialokasikan secara terpisah, untuk memenuhi kebutuhan yg sifatnya sangat darurat.

Tahukah Anda, untuk apa saja kebutuhan darurat? Dana darurat bisa digunakan untuk misalnya : sakit, kecelakaan di jalan, PHK/kehilangan pekerjaan oleh sebab lainnya.

Besarnya Dana Darurat yang dibutuhkan berbeda-beda tergantung status dan tanggungan yg dimiliki oleh seseorang lho ya.

Berapa Yang Harus Disiapkan?

Kebutuhan Dana Darurat untuk yang masih single / Tanpa Tanggungan, adalah minimal sebesar 3 bulan pengeluaran, namun idealnya adalah sebesar 3 bulan penghasilan.

Selanjutnya Dana Darurat bagi yang punya tanggungan sampai dengan 2 orang, minimal jumlahnya adalah sebesar 6 bulan pengeluaran, namum idealnya 6 bulan penghasilan.

Sementara itu Dana Darurat untuk  yang punya tanggungan di atas 2 orang, minimal sebesar 12 bulan pengeluaran, namun idealnya 12 bulan penghasilan.

Dana Darurat harus dipisahkan dari dana investasi / tabungan jangka pendek yaa.

Tweeps, kartu kredit BUKAN Dana Darurat ya! Kalo kita pakai kartu kredit dalam keadaan darurat, harus segera dilunasi.

Dimana Harus Disimpan

Bagusnya dana darurat ditempatin di mana ya? Ada 3 kriteria penempatan Dana Darurat nih.

  1. KEMUDAHAN untuk akses Dana Darurat. Misalnya : Gunakan tabungan yang memiliki ATM dengan jaringan terluas.
  2. KECEPATAN Pengambilan Dana Darurat. Contoh: Tabungan dengan ATM akan lebih cepat mengeluarkan dana darpada tabungan tanpa ATM.
  3. KEAMANAN Instrumen Investasi. Contoh: Produk perbankan seperti tabungan dengan ATM dan deposito bisa jadi tempat untuk alokasi Dana Darurat
BACA JUGA :   6 Cara Pinjam Uang Yang Aman Di Fintech Pinjaman Online

Hasil investasi yang kompetitif tidak bisa dipakai sebagai acuan utama dalam menentukan produk / tempat untuk  alokasi Dana Darurat ya.

Sekali lagi, yang dilihat dalam Dana Darurat itu = Kemudahan, Kecepatan, Keamanan. Bukan hasil investasi yang  kompetitif.

Make sure kita udah punya Dana Darurat sebelum memulai investasi ya! 😀

Investasi baru bisa dimulai jika sudah punya Dana Darurat minimal 1 hingga 3 bulan Kuota Dana Darurat.

Dengan memiliki Dana Darurat, jika terjadi hal buruk yang menimpa kita, tidak akan mengganggu investasi dan  keuangan secara keseluruhan.

Apabila Dana Darurat telah terpakai, segera penuhi lagi sesuai kuota, jangan dibiarkan saja untuk menghindari hutang.

Kita tidak pernah tau kapan kejadian darurat akan menimpa, jadi tunggu apalagi, yuk bentuk Dana Darurat sekarang juga!.

Sekian Tweet Seri Dana Darurat hari ini, semoga bermanfaat 🙂 Have a nice day Tweeps!.

twitter : @AFCCheckUp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *